Contoh Makalah Agama Tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren

Makalahterbaru.com | Berikut ini merupakan berkas contoh makalah Agama Tentang Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren yang dapat rekan-rekan download secara gratis melalui link download yang kami sediakan di bawah ini. Makalah modernisasi sistem pendidikan pesantren ini sengaja kami upload ulang agar supaya dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

Contoh makalah ini dapat Anda gunakan sebagai bahan referensi pembelajaran, ataupun bahan referensi untuk pembuatan tugas makalah. Selain itu rekan-rekan juga dapat menggunakannya langsung sebagai tugas yang sudah jadi, dengan topik bahasan tentang modernisasi sistem pendidikan di pesantren untuk mata kuliah ataupun mata pelajaran apa pun.

Namun ingat sebelum mencetaknya rekan-rekan perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu, terhadap isi serta susunan makalahnya. Apabila kamu menemukan adanya kekurangan dalam isi makalahnya, silahkan tambahkan kekurangan tersebut dari sumber-sumber data lainnya ataupun dari hasil pemikiran rekan-rekan sendiri. Jangan asal mendownload lalu melakukan pencetakan tanpa rekan-rekan kuasai isi makalah tersebut.

Bagi Anda yang merasa bahwa makalah ini sesuai dengan pembahasan yang sedang Anda cari, silahkan download file contoh makalah Agama Tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini.

Keterangan :

Judul Makalah : Makalah Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren
Kategori Makalah : Makalah Agama
Jenis File : pdf bukan doc
Jumlah Halaman : 21 Halaman
Ukuran File : 182 Kb
Tugas Makalah Lain Yang Relevan : contoh makalah pengertian pondok salafi dan khalafi, contoh makalah syarat untuk menjadi mujtahid, contoh makalah sistem pendidikan pondok pesantren, contoh makalah sistem pendidikan pesantren modern, dan lain sebagainya…

Ringkasan isi makalah tentang modernisasi sistem pendidikan pesantren

Makalah Agama Tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren.pdf

Pesantren merupakan salah satu jenis pendidikan Islam Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian. Pesantren telah hidup sejak ratusan tahun yang lalu, serta telah menjangkau hamper seluruh lapisan masyarakat muslim. Pesantren telah diakui sebagai lembaga pendidikan yang telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada masa kolonialisme berlangsung, pesantren merupakan lembaga pendidikan agama yang sangat berjasa bagi masyarakat dalam mencerahkan dunia pendidikan. Tidak sedikit pemimpin bangsa yang ikut memproklamirkan kemerdekaan bangsa ini adalah alumni atau setidak-tidaknya pernah belajar di pesantren.

Namun, kini reputasi pesantren tampaknya dipertanyakan oleh sebagian masyarakat Muslim Indonesia. Mayoritas pesantren masa kini terkesan berada di menara gading, elitis, jauh dari realitas social. Problem
sosialisasi dan aktualisasi ini ditambah lagi dengan problem keilmuan, yaitu terjadi kesenjangan, alienasi (keterasingan) dan differensiasi (pembedaan) antara keilmuan pesantren dengan dunia modern. Sehingga terkadang lulusan pesantren kalah bersaing atau tidak siap berkompetisi dengan lulusan umum dalam urusan profesionalisme di dunia kerja. Dunia pesantren dihadapkan kepada masalah-masalah globalisasi, yang dapat dipastikan mengandung beban tanggung jawab yang tidak ringan bagi pesantren.

Semakin disadari, tantangan dunia pesantren semakin besar dan berat dimasa kini dan mendatang. Paradigma “mempertahankan warisan lama yang masih relevan dan mengambil hal terbaru yang lebih baik” perlu direnungkan kembali. Pesantren harus mampu mengungkai secara cerdas problem kekiniankita dengan pendekatan-pendekatan kontemporer. Disisi lain, modernitas, yang menurut beberapa kalangan harus segera dilakukan oleh kalangan pesantren, ternyata berisi paradigm dan pandangan dunia yang telah
merubah cara pandang lama terhadap dunia itu sendiri dan manusia.

Dalam konteks yang dilematis ini, pilihan terbaik bagi insane pesantren adalah mendialogkannya dengan paradigm dan pandangan dunia yang telah diwariskan oleh generasi pencerahan Islam. Maksudnya, insane pesantren perlu memosisikan warisan masa lalu sebagai “teman dialog” bagi modernitas dengan segala produk yang ditawarkannya. Mereka harus membaca khazanah lama dan baru dalam frame yang terpisah. Masa lalu hadir atau dihadirkan dengan terang dan jujur, lalu dihadapkan dengan kekinian. Boleh jadi masa lalu tersebut akan tampak “basi” dan tak lagi relevan, namun tak menutup kemungkinan masih ada potensi yang dapat dikembangkan untuk zaman sekarang.

Salah satu hal yang perlu dimodifikasi adalah system pendidikan pesantren. System pembelajaran tradisional, yaitu sorogan, bandongan, balaghan, atau halaqah seharusnya mulai diseimbangkan dengan system pembelajaran modern. Dalam aspek kurikulum juga seharusnya kalangan pesantren berani mengakomodasi dari kurikulum pemerintah.

Rumusan Masalah

1. Apa pengertian pesantren?
2. Apa saja macam-macam pesantren?
3. Bagaimana dinamika pesantren mulai ada hingga sekarang?
4. Bagaimana system pendidikan pesantren?
5. Apa saja dan bagaimana model pendidikan dalam proses modernisasi system pendidikan pesantren?
6. Apa pengaruh modernisasi system pendidikan pesantren terhadap eksistensi pesantren itu sendiri?

File Preview :

Download file makalah lengkap :

Makalah Agama Tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren.pdf

 

Komentar ditutup.