Contoh Makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa

Makalahterbaru.com | Berikut ini merupakan berkas contoh makalah Tentang Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa, yang disusun oleh mahasiswi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan dibuat guna menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang diperoleh dari dosen mata kuliah Pengantar Pendidikan.

Dalam uraian yang dimasukan ke dalam contoh makalah ini dijelaskan secara cukup mendalam, mengenai pokok-pokok pembahasan yang berkaitan dengan peran seorang guru dalam meningkatkan kemandirian belajar dari para peserta didiknya, dimana pokok-pokok bahasan tersebut berkaitan dengan fungsi seorang guru sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. penyebab terjadinya ketidakmandirian pada peserta didik, pengertian kemandirian dan cakupannya dengan peserta didik, tahapan kemandirian pada peserta didik, upaya guru dalam membantu menumbuhkan semangat belajar yang mandiri.

Adapun kemandirian dapat diartikan sebagai suatu sikap pada diri seseorang yang ditunjukkan dengan kemampuannya dalam menentukan diri, arah dan tindakannya dalam kerangka hubungan sosial, bebas dan original tanpa adanya pengaruh dari luar, mampu mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, tidak tergantung pada orang lain sehingga ia dapat mengaktualisasikan dirinya serta merealisasikan harapan-harapannya.

Nah bagi rekan-rekan khususnya mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut serta umumnya bagi mahasiswa dan mahasiswi sekolah tinggi atau universitas lain, yang sedang mencari bahan materi guna menyelesaikan tugas pembuatan makalah dengan topik bahasan serupa yang diberikan oleh dosen pengajar di kelas, dapat mendownload contoh makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa ini sebagai salah satu sumber referensi lainnya.

Selain dapat rekan-rekan gunakan sebagai bahan atau sumber materi dalam pembuatan makalah serupa, rekan-rekan juga dapat menggunakan file contoh makalah ini secara langsung sebagai file makalah jadi milik rekan-rekan sendiri, yang dapat rekan-rekan kumpulkan kepada dosen pengajar di kelas sebagai pemberi tugas pembuatan makalah ini.

Akan tetapi perlu rekan-rekan ingat selalu untuk membiasakan diri membaca dan memahami ulang, terhadap isi serta struktur makalah tersebut setelah rekan-rekan sekalian mengunduhnya. Dan apabila rekan-rekan menemukan adanya kekurangan, atau bahkan ketidaksesuaian antara isi contoh makalah ini dengan isi makalah yang rekan-rekan harapkan, silahkan lakukan penyuntingan ulang pada file makalah ini.

Baik itu dengan cara menambahkan data-data pelengkap dari sumber-sumber data terpercaya lainnya, ataupun dengan cara mengubah gaya bahasa dan struktur bahasa dalam contoh makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa ini menjadi sesuai dengan bentuk makalah yang rekan-rekan inginkan.

Untuk itu bagi rekan-rekan yang merasa bahwa isi contoh makalah yang kami upload ulang ini, sesuai dengan materi bahasan yang sedang rekan-rekan cari, dalam upaya untuk menyelesaikan tugas pembuatan makalah dengan topik bahasan sama. Silahkan download file contoh makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa ini secara mudah dan gratis melalui link download yang telah kami sediakan di bawah.

Keterangan :

Judul Makalah : Makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa
Kategori Makalah : Makalah Pendidikan
Jenis File : docx bukan pdf
Jumlah Halaman : 20 Halaman
Ukuran File : 69 Kb
Tugas Makalah Lain Yang Relevan : contoh makalah tentang karakter kemandirian, serta lain sebagainya…

Ringkasan isi makalah wawancara :

Makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa.docx

Mendidik kemandirian pada anak sejak dini, sangat penting, karena kemandirian akan mendukung anak dalam belajar memahami pilihan perilaku beserta resiko yang harus dipertanggung jawabkan oleh anak. Semakin dikekang, anak akan semakin sulit untuk mengendalikan emosi, dengan kemungkinan perilaku yang akan muncul adalah perilaku memberontak atau justru, sangat tergantung pada orang lain.

Keadaan orang tua yang terlalu melindungi anak (proteksi berlebih) sehingga anak tidak diberi kesempatan berhubungan dengan orang lain akan menghambat anak untuk mencapai kemandirian. Dengan keadaan seperti ini anak-anak selalu bergantung kepada orang tuanya dan merasa nyaman bila dekat dengan orang tuanya serta merasa tidak nyaman jika berada jauh tidak didampingi orang tuanya.Rasa ketergantungan yang besar terhadap orang dewasa menyebabkan anak tidak mandiri.

Di lingkungan Sekolah Menengah Atas anak didik dibimbing untuk belajar sambil bermain, dengan cara mandiri ataupun dengan cara berkelompok untuk merangsang sosialisasi anak. Dengan demikian orang tua dan pendidik sangat berperan penting dalam membentuk sikap mandiri anak sehingga anak tidak tergantung pada orang lain. Pada hakekatnya orang tua adalah pembina pribadi dan pendidik yang pertama dalam kehidupan anak, yang memberi bantuan serta tanggung jawab untuk mengarahkan perkembangan anak menuju kedewasaan.

Setiap anak memiliki cara tersendiri dalam menginterpretasikan dan beradaptasi dengan lingkungannya. Hal ini karena setiap anak memiliki struktur kognitif yang ada dalam pikiran sebagai hasil pemahaman terhadap objek yang ada dalam lingkungannya.

Pemahaman anak tentang objek tersebut berlangsung melalui proses asimilasi (menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran) dan proses akomodasi (proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek). Proses tersebut jika berlangsung terus-menerus akan membuat pengetahuan lama dan pengetahuan baru menjadi seimbang. Dengan cara seperti itu secara bertahap anak dapat membangun kemandirian dalam belajar melalui interaksi dengan lingkungannya.

Kemandirian anak dalam aktivitas belajar bertujuan agar anak mengetahui secara sadar apa yang dilakukannya dan tahu apa yang menjadi tujuannya. Anak akan merasa bahagia bahwa ia mempunyai arti bagi diri dan orang lain, ia mampu mengenali diri, mengetahui kekurangan dan kelebihan, dapat menerima diri dan orang lain seperti apa adanya, dapat bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya, pantang mundur meski ada kekurangan pada dirinya dan juga berani menghadapi kenyataan yang ada.

Rumusan Masalah

Penulis akan membatasi pembahasan dalam makalah ini,yang akan di tuangkan dalam rumusan-rumusan sebagai berikut :

1. Fungsi guru sebagai pengajar, pendidik,dan pembimbing.
2. Penyebab terjadinya ketidakmandirian pada peserta didik.
3. Pengertian kemandirian dan cakupannya dengan peserta didik.
4. Tahapan kemandirian pada peserta didik.
5. Upaya guru dalam membantu menumbuhkan semangat belajar yang mandiri.

File Preview :

Download file makalah lengkap :

Makalah Tentang Peran Guru Dalam Kemandirian Belajar Siswa.docx

Kata Kunci Pencarian:

  • perilaku jujur dan berbakti kepada orang tua dan guru

Komentar ditutup.