Makalah Biologi Tentang Pengertian Transpirasi

Makalahterbaru.com | Berikut ini merupakan contoh makalah terbaru untuk pelajaran Biologi dengan pembahasan tentang Transpirasi, yang berkaitan dengan pengertian Transpirasi, mekanisme Transpirasi, cara pengukuran Transpirasi, serta keuntungan dan kerugian Transpirasi. Makalah Biologi dengan judul Makalah Biologi Tentang Pengertian Transpirasi ini, dapat Anda download dengan mudah secara gratis melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini.

Sekilas isi makalah Biologi tentang Transpirasi:

Makalah Biologi Tentang Pengertian Transpirasi

Transpirasi sendiri dapat diartikan sebagai sebuah proses dimana tumbuhan kehilangan air dalam bentuk uap dari jaringannya melalui Stoma. Namun, kehilangan air dari jaringan tanaman yang lainnya juga dapat terjadi, akan tetapi porsi kehilangan tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan yang hilang melalui stoma. Tingkat transpirasi secara langsung berkaitan dengan partikel penguapan air permukaan tanaman, terutama dari bukaan permukaan, atau stomates pada daun.

Ada tiga jenis Transpirasi :

  • Transpirasi Kutikula

Transpirasi Kutikula merupakan Evaporasi air yang terjadi secara langsung melalui Kutikula Epidermis. Kutikula daun secara relatif tidak tembus air, namun bagi sebagian besar tumbuhan Transpirasi Kutikula hanya terjadi sebesar 10%. Oleh sebab itulah, sebagian besar air yang hilang terjadi lewat stomata.

  • Transpirasi Stomata

Transpirasi Kutikula sel-sel mesofil daun tidak tersusun dengan rapat, tetapi diantara sel-sel tersebut ada ruang-ruang udara, yang dikelilingi oleh dinding-dinding sel mesofil yang jenuh air. Air menguap dari dinding-dinding yang basah tesebut menuju ruang-ruang antar sel, serta uap air kemudian berdifusi melalui stomata dari ruang-ruang antar sel menuju athmosfer yang ada di luar. Sehingga dalam kondisi normal, evaporasi membuat ruang-ruang tersebut selalu jenuh terhadap uap air. Asalkan stomata tesebut terbuka, difusi uap air ke athmosfer pasti akan terjadi, terkecuali jika atmosfer juga sama-sama lembab.

  • Transpirasi Lentisel

Transpirasi Lentisel yakni terjadi pada daerah kulit kayu yang berisi sel-sel. Uap air yang dapat hilang melalui jaringan ini adalah 0,1%.

File Preview :
Makalah Biologi Tentang Pengertian Transpirasi

Komentar ditutup.