Makalah Ciri, Dampak, Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja

Makalahterbaru.com | Berikut ini adalah salah satu berkas contoh makalah tentang pergaulan bebas dari mata kuliah pendidikan dengan judul Makalah Ciri, Dampak, Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja terbaru yang bisa rekan-rekan download secara gratis melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini. Makalah yang membahas tentang pergaulan bebas di kalangan remaja Indonesia ini bisa rekan-rekan gunakan untuk beragam keperluan mulai dari materi pembelajaran, materi hafalan, dan juga tugas jadi makalah bagi rekan-rekan yang malas atau kepepet karena waktu pengumpulan sudah semakin dekat. Yaps meski begitu silahkan rekan-rekan download terus pelajari isinya dan jangan lupa kasih cover serta susun lagi susunan isi makalah dengan struktur penyusunan makalah terbaik.

Makalah tentang pergaulan bebas ini penulis susun dengan pokok pembahasan mulai dari penyebab maraknya pergaulan bebas yang salah di kalangan remaja, ciri-ciri pergaulan bebas, dampak buruk dari pergaulan bebas, dan tak lupa juga kami bahas tentang solusi atau cara melakukan pergaulan bebas yang baik dan bermanfaat bagi kalangan remaja. Karena itulah silahkan tetap lanjutkan membacanya, karena setelah paragraf keterangan berikut ini, kami akan coba ulas sedikit poin poin penting dari isi keseluruhan makalah yang kami bagikan. Silahkan.

Keterangan :

Makalah Ciri, Dampak, Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Judul makalah : Makalah Tentang Pergaulan Bebas Ciri-Ciri, Dampak dan Solusi bagi Remaja
Kategori Makalah : Makalah pendidikan
Jenis file : doc bukan pdf
Jumlah halaman : 7 Halaman
Ukuran : 15 Kb
Makalah Relevan lainnya : makalah pergaulan bebas, faktor penyebab pergaulan bebas, latar belakang pergaulan bebas, cara mengatasi pergaulan bebas, macam-macam pergaulan bebas, dan lain sebagainya.

Ringkasan Pembahasan :

Sekarang ini zaman globalisasi, remaja harus diselamatkan dari globalisasi. Karena globalisasi ini ibaratnya kebebasan dari segala aspek. Sehingga banyak kebudayaan-kebudayaan yang asing yang masuk, sementara tidak cocok dengan kebudayaan kita. Sebagai contoh kebudayaan free sex itu tidak cocok dengan kebudayaan kita. Pada saat ini, kebebasan bergaul sudah sampai pada tingkat yang mengkuatirkan. Para remaja dengan bebas dapat bergaul antar jenis. Tidak jarang dijumpai pemandangan di tempat-tempat umum, para remaja saling berangkulan mesra tanpa memperdulikan masyarakat sekitarnya. Mereka sudah mengenal istilah pacaran sejak awal masa remaja. Pacar, bagi mereka merupakan salah satu bentuk gengsi yang membanggakan. Akibatnya, di kalangan remaja kemudian terjadi persaingan untuk mendapatkan pacar.

Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah (Hurlock, 1998). Oleh karenanya, remaja sangat rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial.

Faktor utama masalahnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat saat ini terhadap batas-batas pergaulan antara pria dan wanita. Disamping itu didukung oleh arus modernisasi yang telah mengglobal dan lemahnya benteng keimanan kita mengakibatkan masuknya budaya asing tanpa penyeleksian yang ketat.

IDENTIFIKASI MASALAH

Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa. Ternyata pergaulan  bebas itu tidak hanya sebatas bergaul melainkan terkadang mendorong untuk melakukan hal yang lebih tidak di sukai oleh agama,seperti bercumbu rayu,berciuman dan bahkan terjebak dalam perzinahan. Secara mendasar ternyata hal semacam ini karena kebebasan di artikan bebas secara mutlak tanpa ada butir-butir aturan yang menjaga jarak antara mereka.

RUMUSAN MASALAH

  1. Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas Remaja Indonesia ?
  2. Ciri-Ciri Pergaulan Bebas ?
  3. Dampak Dari Pergaulan Bebas ?
  4. Cara Pergaulan Yang Baik ?

File Preview :

Download file lengkap Makalah :

Makalah Ciri, Dampak, Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja.doc

 

Komentar ditutup.