Makalah Farmakologi : Pengertian Virus Dan Antivirus

Berikut ini adalah contoh makalah farmakologi keperawatan dan kebidanan terbaru yang membahas tentang arti virus dan obat antivirus yang bisa rekan-rekan download gunakan untuk bahan referensi atau bahan tugas makalah. Makalah keperawatan dan kebidanan terbaru dengan judul Makalah Farmakologi : Pengertian Virus dan Antivirus ini bisa Anda download gratis melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

Makalah Farmakologi : Pengertian Virus dan Antivirus

Virus ( Sansk, visham = racun ) adalah mikroorganisme hidup yang terkecil (besarnya 20-300 mikron), kecuali prion, yaitu virus penyebab penyakit sapi gila BSE dan p. Creutzfeldt-Jakob yang k.l. 100 kali lebih kecil. Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop-elektron ( dengan pembesaran maksimal 200.000 kali ) dan tidak dengan mikroskop biasa ( dengan pembesaran maksimal 4.000 kali ). Virus adalah jasad biologis, bukan hewan, bukan tanaman, tanpa struktur sel dan tidak berdaya untuk hidup dan memperbanyak diri secara mandiri. Virus merupakan parasit yang hanya dapat hidup di dalam sel-sel yang dimasukinya. Di situ virus memperbanyak diri dengan jalan mengambil-alih seluruh metabolismenya. Akhirnya, sel-sel tersebut mati.

Virus hanya dapat ditanggulangi oleh antibodies selama masih berada di dalam darah. Bila virus sudah masuk ke dalam sel, segera system-interferon dengan khasiat antiviralnya turun tangan, lazimnya dalam beberapa jam setelah dimulainya infeksi. Interferon adalah protein yang dibentuk oleh sel-sel terinfeksi virus dengan maksud melindungi sel-sel lain terhadap penyebaran infeksi .Virus tidak bisa membiak lagi dalam sel-sel yang telah berkontak dengan interferon.

Selama bertahun – tahun terdapat anggapan bahwa sangatlah sulit untuk mendapatkan kemoterapi antivirus dengan selektivitas yang tinggi. Siklus replikasi virus yang dianggap sangat mirip dengan metabolisme normal manusia menyebabkan setiap usaha untuk menekan reproduksi virus juga dapat membahayakan sel yang terinfeksi. Bersamaan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan pengertian yang lebih dalam mengenai tahap-tahap spesifik dalam replikasi virus sebagai target kemoterapi antivirus, semakin jelas bahwa kemoterapi pada infeksi virus dapat dicapai dan reproduksi virus dapat ditekan dengan efek yang minimal pada sel hospes.

Kata kunci yang berkaitan dengan makalah farmakologi antivirus :

  • makalah antivirus farmakologi
  • kumpulan makalah virus komputer
  • farmakologi antivirus pdf
  • penggolongan obat antivirus
  • mekanisme kerja obat antivirus pdf
  • makalah tentang antivirus smadav
  • definisi antivirus farmakologi
  • makalah tentang antivirus avira

File Preview :
Makalah Farmakologi Pengertian virus dan antivirus.doc

 

Komentar ditutup.