Makalah Kimia Tentang Pengertian Dan Manfaat Enzim

Berikut ini merupakan berkas contoh makalah Kimia dengan poin-poin pembahasan yang berkaitan dengan Enzim, yang dimula dari sejarah dan pengertian enzim, sifat enzim, struktur dan fungsi enzim, mekanisme kerja enzim, dan lain sebagainya yang berkaitan. Makalah Kimia yang berjudul Makalah Kimia Tentang Pengertian Dan Manfaat Enzim ini, dapat dengan mudah Anda unduh melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini. Silahkan pergunakan file makalah tersebut dengan bijaksana.

Sekilas isi makalah Kimia tentang Enzim :

Makalah Kimia Tentang Pengertian Dan Manfaat Enzim

Enzim merupakan biokatalisator organik yang dihasilkan oleh organisme hidup di dalam protoplasma. Enzim terdiri atas protein atau suatu senyawa yang berikatan dengan protein, dan berfungsi sebagai senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi dalam suatu reaksi kimia. Enzim sendiri merupakan suatu zat yang dapat mempercepat laju reaksi dan ikut bereaksi di dalamnya, sedangkan pada akhir proses enzim akan melepaskan diri, seolah-olah mereka tidak ikut bereaksi dalam proses tersebut.

Terdapat empat fungsi mendasar dari Enzim, yang diantaranya ialah

– Substrat berikatan dengan enzim. Substrat atau banyak substrat berikatan pada situs aktif (active site) untuk membentuk kompleks substrat-ezim.

– Terinduksi hingga pas (induced fit). Enzim yang berikata ndengan substrat menginduksi perubahan bentuk enzim sehingga substrat lebih pas pada tempat yang lebih sempit di bagian situs aktif (induced fit). Induced fit dapat didefinisikan sebagai perubahan enzim yang reversibel.

– Katalisis. Saat terjadinya katalisis dalam reaksi, substrat atau banyak substrat berubah dengan cara yang spesifik, contoh dengan modifikasi kimiawi, pembelahan (cleavage) atau penggabungan substrat yang berlipat ganda. Pada langkah katalisis ini, terdapat dua macam jenis yaitu turnover number atau pergantian jumlah dan bidirectional atau dua arah. Pergantian jumlah yaitu katalisis terjadi sangat cepat sehingga satu molekul enzim dapat mengubah lebih dari 1000 molekul substrat per detik. Sedangkan dua arah yaitu enzim yang sama mengatalisis reaksi tertentu dalam dua arah ke depan atau sebaliknya.

– Langkah terakhir:Produk dilepaskan. Terjadinya pelepasan produk reaksi dari situs aktif, dan enzim tetap dalam bentuk aslinya. Enzim selanjutnya dapat meninggalkan situs aktif dan digunakan kembali dengan substrat yang baru.

File Preview :
Makalah Kimia Tentang Pengertian Dan Manfaat Enzim.doc

Komentar ditutup.