Makalah Negara dan Konstitusi (Hubungan dan Pengaruhnya)

Makalahterbaru.com | Berikut ini adalah salah satu contoh makalah tentang negara dan konstitusi dari mata kuliah pendidikan kewarganegaraan (PKN) yang berjudul Makalah Negara dan Konstitusi (Hubungan dan Pengaruhnya) terbaru dan bisa rekan-rekan download gratis melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini. Makalah tentang negara dan konstitusi dengan pokok bahasan hubungan dan pengaruhnya ini bisa rekan-rekan gunakan untuk beragam keperluan seperti bahan materi pembelajaran sebelum pembahasan negara dan konstitusi di bahas bersama di kelas, juga bisa digunakan sebagai bahan referensi hapalan materi di rumah. Selain itu makalah PKN tentang negara dan konstitusi ini juga bisa rekan-rekan gunakan sebagai bahan tugas jadi makalah PPKN yang di bebankan dosen pengajar di kelas.

Dalam pembahasan Makalah Negara dan Konstitusi (Hubungan dan Pengaruhnya) ini penulis mencoba memaparkan bagaimana hubungan antara negara dan konstitusi khususnya di Indonesia. Apa maksud negara itu, bagaimana sejarah negara itu di bentuk dan apa hubungannya dengan konstitusi, apa negara sah jika ada konstitusi, dan apakah konstitusi bisa di laksanakan jika tidak ada negara. Semua permasalahan tersebut akan penulis coba paparkan dan jelaskan lewat contoh makalah tentang negara dan konstitusi berikut ini. Karena itulah terus lanjutkan membaca, sebab setelah paragraf keterangan di bawah ini, kami akan mencoba mengulas sedikit lebih singkat dari pembahasan utama makalah PKN negara dan konstitusi ini. Silahkan

Keterangan :

Judul Makalah : Makalah tentang negara dan konstitusi (Pengaruh dan Hubungannya)
Kategori Makalah : Makalah PKN, Makalah Pendidikan Kewarganegaraan
Jenis file : doc bukan pdf
Jumlah halaman : 32 halaman
Ukuran : 100 KB
Makalah Relevan : Contoh makakah tentang negara dan konstitusi, makalah kewarganegaraan tentang negara dan konstitusi, hubungan negara dan konstitusi, kasus tentang negara dan konstitusi, dan yang lainnya

Ringkasan Makalah Negara dan Konstitusi :

Negara yaitu suatu tempat yang di dalamnya di diami oleh banyak orang yang mempunyai tujuan hidup yang bermacam-macam dan berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Suatu tempat dapat disebut dengan Negara jika mempunyai 3 unsur terpenting yang harus ada didalamnya yaitu :

  • Wilayah
  • Pemerintah
  • Rakyat

Ketiga unsur  tersebut harus ada dalam suatu Negara. Jika salah satu dari unsur  tersebut tidak ada maka tempat tersebut tidak dapat dinamakan Negara. Ketiga unsur tersebut saling melengkapi dalam suatu Negara. Unsur yang lainnya yang juga harus dimiliki oleh suatu Negara adalah pengakuan dari Negara lain. Pengakuan dari Negara lain harus dimiliki oleh suatu Negara supaya keberadaan Negara tersebut diakui oleh Negara-negara lain.

Setelah suatu Negara terbentuk maka Negara tersebut berhak membentuk undang-undang atau konstitusi.Konstitusi di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia, konstitusi telah ada yang berfungsi mengatur kehidupan bermasyarakat yang disebut dengan adat istiadat yang ada karena kesepakatan dari suatu masyarakat yang terlahir dan dipakai sebagai pengatur kehidupan bermasyarakat.Adat istiadat mempunyai suatu hukum yang dinamakan hukum adat. Pada jaman dahulu walaupun belum ada undang-undangseperti halnya sekarang, tetapi kehidupan masyarakat sudah diatur dengan adat istiadat dan yang melanggar adat istiadat akan dikenakan suatu hukum yang telah masyarakat setempat sepakati yaitu hukum adat.

Seperti halnya adat istiadat, konstitusi juga mengatur kehidupan suatu Negara supaya tertatanya kehidupan dalam Negara.Jika dalam adat istiadat, pelanggar adat istiadat dikenai hukum adat maka dalam konstitusi, pelanggar konstitusi dikenai hukuman yang telah diatur dalam undang-undang.Maka untuk mengatur kehidupan Negara dan unsur-unsur didalamnya, konstitusi sangat dibutuhkan keberadaannya. Suatu Negara tanpa konstitusi atau undang-undang seperti halnya mobil yang tanpa stir yang tidak dapat diatur geraknya yang jika dibiarkan akan menabrak, seperti halnya suatu Negara yang tanpa kostitusi maka semua hal dalam Negara tidak dapat diatur pergerakannya yang jika dibiarkan mengakibatkan Negara akan kacau, bobrok, runtuh dan berdampak buruk dengan hilang keberadannya.

Perumusan Masalah

  1. Bagaimana hubungan antara Negara dengan konstitusi di Indonesia?
  2. Apakah pengaruh konstitusi terhadap suatu Negara khususnya Negara Indonesia?

File Preview :

Makalah Negara dan Konstitusi (Hubungan dan Pengaruhnya).doc

Download file lengkap :

Makalah Negara dan Konstitusi (Hubungan dan Pengaruhnya).doc

Komentar ditutup.