Makalah Sejarah Dampak Tanam Paksa Di Jaman Penjajahan

Berikut ini merupakan contoh makalah terbaru pelajaran Sejarah dengan poin-poin pembahasan yang berkaitan dengan tanam paksa di jaman penjajahan dahulu, yang dimulai dari sistem tanam paksa yang dijalankan Belanda di Indonesia, dampak dan pengaruh tanam paksa baik bagi Belanda maupun bagi indonesia, tokoh-tokoh yang menentang praktek tersebut, serta lain sebaginya yang masih berkaitan. Makalah Sejarang dengan judul Makalah Sejarah Tentang Dampak Tanam Paksa Di Jaman Penjajahan ini, dapat Anda unduh secara gratis dengan mudah melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini. Silahkan pergunakan file tersebut dengan bijaksana.

Sekilas isi makalah tentang tanam paksa di jaman penjajahan :

Makalah Sejarah Dampak Tanam Paksa Di Jaman Penjajahan

Tanam paksa terjadi akibat adanya kesulitan keuangan yang dialami oleh Pemerintah Belanda. Belanda kala itu mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membiayai keperluan militer, sebagai akibat dari meletusnya Perang Belgua pada tahun 1830 di Negara Belanda, serta Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825-1830) di Negara Indonesia. Sebenarnya usaha untuk menyelamatkan keuangan Belanda, telah dilakukan sejak masa pemerintahan Van der Capellen (1819-1829).

Van der Capellen menerapkan suatu kebijakan, dimana orang-orang Jawa dijamin dapat memetik dan menggunakan hasil tanah mereka, secara bebas. Kebijakan yang dikeluarkannya tersebut, bertujuan untuk mendorong orang Jawa agar dapat menghasilkan produk yang dapat dijual, sehingga lebih memudahkan mereka untuk membayar sewa tanah. Namun, kebijakan tersebut mengalami kegagalan total, akibat adanya pengeluaran tambahan yang disebabkan oleh Perang Jawa, serta merosotnya harga komoditi pertanian tropis di dunia.

File Preview :
Makalah Sejarah Tentang Dampak Tanam Paksa Di Jaman Penjajahan

Komentar ditutup.